Minggu, 19 September 2021

10 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawabannya

10 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawabannya



1. Ceritakan tentang diri Anda?

- Nama saya Zhafran Susanto. Saya alumni Teknik Komputer dan Jaringan dari SMK Al-Hikmah Kalirejo. Sekarang ini saya bekerja di PT Nusantara sebagai teknisi jaringan. Saya bekerja di perusahaan tersebut sejak Januari 2020.

2. Mengapa Anda memilih jurusan Teknik Komputer dan Jaringan?

- Saya menyadari bahwa saya menyenangi komputer sejak sekolah dasar. Dengan memilih jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, saya menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang komputer.

- Selain itu, saya belajar di jurusan tersebut dengan menyenangkan karena topiknya sesuai dengan minat dan kesenangan saya.

3. Apa makna pekerjaan buat Anda?

- Bagi saya, pekerjaan bukan semata-mata mencari uang. Namun, bagaimana saya bisa melakukan yang terbaik sehingga berkontribusi bagi kemajuan perusahaan.

4. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?

- Kelebihan saya adalah jujur, cepat belajar, dan pekerja keras. Sementara itu, kelemahan saya adalah suka lupa. Namun, saya berusaha mengatasi kelemahan ini dengan mencatat hal-hal penting terkait pekerjaan di buku saku saya.

5. Apakah Anda memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja?

- Ya. Saya pikir hubungan saya dengan semua rekan kerja saya berjalan dengan baik.

6. Apakah Anda lebih senang bekerja seorang diri atau dalam tim?

- Bergantung pada pekerjaan yang harus saya selesaikan. Meskipun saya lebih senang bekerja sendiri, saya dapat bekerja dalam tim.

7. Jika Anda diharuskan bekerja di dalam tim, posisi apa yang Akan anda pilih?

- Saya lebih suka menjadi seorang konseptor. Dengan begitu, saya bisa merencanakan langkah-langkah yang harus diambil, membuat daftar sumber daya yang diperlukan, mengidetifikasi hambatan, dan membuat ukuran kesuksesan dalam suatu projek.

8. Bisakah Anda bekerja di bawah tekanan?

- Ya. Selama ini bisa mengatasi tekanan pekerjaan saya. Selain itu, saya pikir tekanan bisa memberikan hasil yang positif bagi saya karena saya bisa mengeluarkan potensi, inisiatif, dan keterampilan saya untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

9. Bagaimana sikap Anda terhadap kritik yang ditujukan kepada Anda?

- Dalam pemahaman saya, manusia pada umumnya tidak suka dikritik secara sembarangan. Secara pribadi, saya menerima kritik yang ditujukan kepada saya.

- Jika kritik itu baik dan membangun, saya akan dengan senang hati melaksanakannya demi memperbaiki diri sendiri. Jika sebaliknya, saya akan mengabaikannya.

10. Menurut Anda, orang seperti apakah yang sulit diajak kerja sama?

- Menurut saya, orang yang sulit diajak bekerja sama adalah orang yang tidak suka bekerja keras, suka melanggar aturan, banyak mengeluh, tidak memperhatikan kualitas pekerjaan, dan suka menjelek-jelekkan orang lain.


Dengan mengetahui 10 contoh pertanyaan di atas, Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi wawancara kerja.


Jangan ragu untuk mengubah atau memodifikasi jawaban-jawaban di atas agar sesuai dengan pengalaman dan pendidikan Anda. Jika diperlukan, beli juga buku-buku seputar wawancara kerja sehingga persiapan Anda menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate